Bandar
udara merupakan salah satu simpul transportasi yang memiliki peranan penting
dalam penyelenggaraan transportasi antarmoda, khususnya antara moda udara, moda
jalan dan moda rel. Untuk meningkatkan pelayanan operasional suatu bandara
perlu didukung oleh sarana angkutan umum yang handal dan berkualitas. Jika kita
melihat pelayanan jenis angkutan umum yang melayani di Bandara falabisahaya ini saat ini,
hanya jenis pelayanan kendaraan roda
dua, bandara yang bisa kita jumpai. Bila kita amati,
dengan jenis angkutan umum yang berkapasitas angkut massal, seperti bus dan mobil belum di realisasi di desa falabisahaya. Sehingga dari segi efisiensi perlu ada perhatian dari pemerintah, jenis moda
angkutan bus dan mobil, merupakan jenis angkutan umum yang lebih baik untuk dioperasikan.
pelayanan
angkutan umum massal yang akan melayani dari dan ke Bandara yang sudah
direncanakan belum lah ada.
Perumusan Masalah
Bandara Falabisahaya
saat ini dalam proses pembangunan dan diharapkan pada tahun 2014 sudah dapat dioperasikan untuk aktivias masyarakat setempat. yang memilik tingkat mobilitas penumpang
yang tinggi, bandara tersebut perlu didukung oleh pelayanan angkutan yang
handal dan berkualitas, yang salah satunya adalah menggunakan moda angkutan
jalan (bus). Agar pelayanan bus bandara nantinya dapat berperan secara optimal
maka perlu dikaji faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan utama
pengguna jasa, untuk mau menggunakan bus bandara. Dengan mengetahui hal
tersebut diharapkan pelayanan angkutan umum yang disediakan memiliki kualitas
pelayanan yang mampu mendorong pengguna angkutan pribadi mau beralih
menggunakan bus bandara tersebut. faktor-faktor
yang mempengaruhi respon penumpang angkutan udara dalam menggunakan pelayanan
angkutan bus bandara, dengan membentuk model kualitas pelayanan bus bandara
yang akan melayani di bandara Falabisahaya.
Permasalahan yang menjadi latar belakang dilakukannya beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagaimana karakteristik penumpang dan karakteristik
perjalanan, pengguna angkutan udara di bandara Falabisahaya.?
2. Bagaimana model kualitas
pelayanan angkutan bus bandara yang menjadi keinginan penumpang untuk mendukung
bandara falabisahaya nantinya?
3. Bagaimana respon penumpang terhadap rencana penyediaan
bus di bandara falabisahaya, dan seperti apa kualitas pelayanan yang
menjadi keinginan penumpang?
Tujuan Penulis
Tujuan dari penulis untuk melihat responden pemerintah sebagai berikut:
1. Mengidentifikasi dan menganalisis penumpang angkutan udara di Bandara
2. Membentuk suatu model kualitas pelayanan angkutan
bus bandara yang direncanakan melayani penumpang
3. Mengkaji respon penumpang terhadap rencana
penyediaan pelayanan angkutan bus bandara , dan merekomendasikan kualitas pelayanan
angkutan bus bandara yang akan disediakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar