Selasa, 23 Oktober 2012

Bandara Falabisahaya



Bandar udara merupakan salah satu simpul transportasi yang memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan transportasi antarmoda, khususnya antara moda udara, moda jalan dan moda rel. Untuk meningkatkan pelayanan operasional suatu bandara perlu didukung oleh sarana angkutan umum yang handal dan berkualitas. Jika kita melihat pelayanan jenis angkutan umum yang melayani di Bandara falabisahaya ini saat ini, hanya jenis pelayanan kendaraan roda dua, bandara yang bisa kita jumpai. Bila kita amati, dengan jenis angkutan umum yang berkapasitas angkut massal, seperti bus dan mobil belum di realisasi di desa falabisahaya. Sehingga dari segi efisiensi perlu ada perhatian dari pemerintah, jenis moda angkutan bus dan mobil, merupakan jenis angkutan umum yang lebih baik untuk dioperasikan.
pelayanan angkutan umum massal yang akan melayani dari dan ke Bandara yang sudah direncanakan belum lah ada.

Perumusan Masalah

Bandara Falabisahaya saat ini dalam proses pembangunan dan diharapkan pada tahun 2014 sudah dapat dioperasikan untuk aktivias masyarakat setempat. yang memilik tingkat mobilitas penumpang yang tinggi, bandara tersebut perlu didukung oleh pelayanan angkutan yang handal dan berkualitas, yang salah satunya adalah menggunakan moda angkutan jalan (bus). Agar pelayanan bus bandara nantinya dapat berperan secara optimal maka perlu dikaji faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan utama pengguna jasa, untuk mau menggunakan bus bandara. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan pelayanan angkutan umum yang disediakan memiliki kualitas pelayanan yang mampu mendorong pengguna angkutan pribadi mau beralih menggunakan bus bandara tersebut. faktor-faktor yang mempengaruhi respon penumpang angkutan udara dalam menggunakan pelayanan angkutan bus bandara, dengan membentuk model kualitas pelayanan bus bandara yang akan melayani di bandara Falabisahaya.
Permasalahan yang menjadi latar belakang dilakukannya beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagaimana karakteristik penumpang dan karakteristik perjalanan, pengguna angkutan udara di bandara Falabisahaya.?
2. Bagaimana model kualitas pelayanan angkutan bus bandara yang menjadi keinginan penumpang untuk mendukung bandara falabisahaya nantinya?
3. Bagaimana respon penumpang terhadap rencana penyediaan bus di bandara falabisahaya, dan seperti apa kualitas pelayanan yang menjadi keinginan penumpang?

Tujuan Penulis

Tujuan dari penulis untuk melihat responden pemerintah sebagai berikut:
1. Mengidentifikasi dan menganalisis  penumpang angkutan udara di Bandara
2. Membentuk suatu model kualitas pelayanan angkutan bus bandara yang direncanakan melayani penumpang
3. Mengkaji respon penumpang terhadap rencana penyediaan pelayanan angkutan bus bandara , dan merekomendasikan kualitas pelayanan angkutan bus bandara yang akan disediakan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar